Selasa, 22 November 2011

Wawasan Kebangkitan dalam Festival Drama

Badan Kesatuan Bangsa Kabupaten Deliserdang menyelenggarakan Festival Drama bertema Wawasan Kebangsaan Tingkat SLTA Se-Kabupaten Deliserdang. Kegiatan Festival tersebut dilaksanakan di Aula Akper Medistra, Lubukpakam pada hari Sabtu tanggal 2 Juli 2011.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa Deliserdang Drs H Eddy Azwar dalam kata sambutan pembukaan acara menyatakan bahwa salah satu krisis yang menimpa bangsa saat ini adalah krisis wawasan kebangsaan. Jati diri sebagai anak bangsa semakin goyah akibat dari dampak globalisasi dan persoalan yang melanda bangsa. Oleh karena itu melalui kegiatan seni budaya khususnya seni drama, para generasi muda khususnya pelajar dimotivasi dan diransang secara aktif untuk menumbuhkembangkan nilai nilai juang dan nilai nilai kebangsaan dan mentranformasikannya di lingkungan sekolah, rumah dan pada akhirnya di tengah-tengah masyarakat, Perbedaan jelas ada di antara anak bangsa. Namun dengan perbedaan itu memberikan warna dalam kehidupan berbangsa sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Di samping itu, Ketua Panitia Pelaksanaan Festival Drama Drs.Heady Habeahan mengemukaan bahwa Festival Drama bertema Wawasan Kebangsaan Tingkat SLTA Se-Kabupaten Deliserdang diselenggarakan dalam suasana menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-65 Kabupaten Deliserdang, yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2011. Yang diikuti beberapa SLTA di Kabupaten Deliserdang, dengan naskah yang dipentaskan berjudul Rampak dan Rinten karya bersama Idris Siregar, M.Yunus Rangkuti dan M.Raudah Jambak.

Sementara itu M.Raudah Jambak selaku Ketua Tim Juri didampingi Idris Siregar dan M,Yunus Rangkuti mengemukakan bahwa secara umum penampilan para peserta Festival Drama sudah menunjukkan adanya semangat dan usaha dalam menginterpretasikan pesan-pesan yang terkandung dalam naskah drama. Potensi mereka dalam seni drama sudah memadai, tinggal pengembangan dan penyaluran minat berdrama yang patut dipikirkan ke depannya. Oleh karena itu pemenang sejati bukan semata pemenang dalam festival drama ini, melainkan mereka yang terus berkarya dan mengaktualisasikan jati dirinya.

Adapun pemenang dalam Festival Drama Bertema Wawasan Kebangsaan Tingkat SLTA Se-Kabupaten Deliserdang adalah Pemenang I SMK Negeri 1 Lubukpakam, Pemenang II SMA Negeri 1 Lubukpakam, Pemenang III SMA Negeri 2 Lubukpakam, Pemenang Harapan I SMA Harapan Bangsa Tanjungmorawa dan Pemenang Harapan II SMA Negeri 1 Galang. (jones gultom)

Tidak ada komentar: